Apakah MSG berbahaya?

Entry ini dibuat untuk menanggapi sebuah blog yang terdapat di WordPress yaitu blog teman saya, Herwin. Entry ini bisa dilihat di http://herwin.wordpress.com/2007/12/08/msg-musuh-terbesar-otak/.

Merujuk pada blog yang terdapat di atas, saya membuat entry ini untuk menjelaskan secara singkat dan padat mengenai manfaat MSG bagi manusia. Pada blog di atas, semua hal merujuk pada komentar para ahli dengan disertai istilah-istilah yang terlalu ilmiah yang mungkin bisa membuat bingung orang-orang awam hanya untuk menegaskan bahwa MSG itu berbahaya. Di entry ini gue akan menjelaskan dengan istilah yang lebih sederhana. Dan di sini ahlinya adalah gue sendiri. :>

Di era modern ini, justru MSG adalah hal yang paling penting dalam hidup seseorang. Gue sendiri sangat sering melihat MSG dalam berbagai bentuk. Salah satu bentuk MSG yang paling digandrungi oleh orang-orang jaman sekarang itu yang namanya sMSG atau “short Message”.

Mengenai efek yang mungkin terjadi, ada benarnya kalau itu berhubungan dengan otak. Mungkin kalau cuma sekali atau dua kali kita menggunakan MSG, ga akan banyak berpengaruh. Nah, ketika kita sudah sering menggunakannya, maka MSG menstimulasi otak kita untuk bisa berpikir dengan cepat dan mempertajam ingatan. Tidak jarang untuk varian sMSG bisa melatih dan mempercepat gerakan jari-jari tangan, terutama jempol. Tidak dapat dibantah lagi kalau ketika sudah saatnya, akibatnya akan sangat baik dalam hal keterampilan.

Kalau soal MSG yang terkandung dalam makanan sebenarnya gue jarang denger sih. Yang sering gue denger dan gue liat sendiri itu adalah MSG tercetak di bungkus makanan itu. Umumnya MSG sangat penting karena dari sana kita bisa tau nilai gizi di makanan itu dan juga bahan dalam makanan itu. Kadang juga terdapat MSG mengenai cara mengolah makanan itu supaya lebih lezat. Nyam… Nyam… Bahkan di bungkus micin atau vetsin pun terdapat MSG yang sangat baik di mana kita bisa melihat terdapat kandungan Monosodium Glutamat yang dapat membahayakan otak kita.

Menanggapi banyaknya yang sakit kepala karena MSG memang ga dapat dipungkiri. Banyak orang yang kadang ga tahan melihat MSG dalam jumlah yang banyak. Kalau melihat aja ga sanggup, apalagi membacanya. Saya jamin ketika hal itu dilakukan, banyak yang mengalami sakit kepala. Biasanya hal ini terjadi pada murid-murid sekolah dan mahasiswa yang harus membaca MSG yang terdapat dalam buku paket dan besok harus kembali menuliskan MSG itu ke dalam kertas ujian. Sakit kepala? Tentu saja. Memang ga dapat dipungkiri bahaya MSG dalam bentuk seperti ini.

Masih mengenai sakit kepala. Saat ini banyak juga MSG yang bisa dilihat melalui komputer. Nah, masalahnya ga banyak orang yang tahan berada di depan komputer untuk membaca MSG, jadi ga aneh kalau kadang muncul efek mual, sakit kepala, mata menjadi rabun, kejang-kejang dan kadang keringat dingin sampai gangguan jantung dan peredaran darah. Ga bisa dipungkiri lagi MSG dapat membahayakan diri kita kalau tidak diolah dengan benar. Untuk varian sMSG, bisa membuat dompet jebol karena harus beli voucher dan membuat jari-jari tangan kesemutan atau sakit.

Ngomong-ngomong soal bahaya, MSG juga bisa berbahaya tidak hanya bagi manusia. Dalam dunia digital, terkadang terdapat MSG yang mengandung virus. Bila kita menggunakan MSG tersebut, komputer pun tidak akan dapat berfungsi secara normal lagi. Dan dengan tidak berfungsinya komputer, tidak jarang itu membuat seseorang stress. MSG bervirus juga bisa bersifat menular melalui kontak teman-teman anda.

Dan manusia lima kali lebih sensitif terhadap MSG dibanding tikus – bayi bahkan lebih lagi. Blaylock percaya sebagai hasilnya adalah penderitaan dalam sisitem pendidikan, meski kemampuan terhadap murid-murid berbeda satu sama lainnya.

Manusia lebih sensitif 5 kali daripada MSG? Ya iyalah. Bahkan mungkin beratus-ratus kali lebih sensitif. Why? Karena manusia bisa membaca MSG, sedangkan tikus ga. Lalu kenapa bayi lebih sensitif lagi? Oke, coba berikan materi pelajaran anak SMA kepada anak TK lalu bilang untuk menghafal semua materi tersebut dan akan diujikan esok harinya. Bisa-bisa anak itu lari ketakutan melihat anda. MSG bisa sangat sensitif bagi anak-anak.

Dan untuk khalayak umum, Blaylock mengatakan ada kebenaran yang sederhana : “Menghindari MSG dapat menjadi langkah paling baik yang Anda lakukan untuk otak Anda”.

Gue ga 100% setuju dengan hal ini. Walau MSG bisa membahayakan otak, tapi ga serta merta harus dihindari. MSG juga turut dalam mencerdaskan umat manusia. Sejak abad sebelum masehi, MSG telah banyak dituangkan dalam bentuk manuskrip yang mengubah banyak hidup manusia menjadi lebih baik.

Yah sekian dahulu tanggapan gue mengenai MSG ini. Semoga bisa memberikan pencerahan yang lebih baik mengenai MSG.

Ngomong-ngomong tulisan yang terdapat di blog ini juga termasuk MSG loh. ;) Satu lagi, MSG dikonsumsi dengan cara dibaca, bukan dimakan. Bisa-bisa anda keracunan kalau anda memakannya. Apalagi bila anda mencoba memakan sMSG, kemungkinan akan tersangkut di tenggorokan anda dan akan berdering-dering dan menggetar-getarkan tenggorokan anda ketika ada panggilan masuk.

HIDUP MSG!!! ;)

(Thanks to Herwin buat artikelnya yang gokil dan thanks juga buat a2121 buat komentarnya yang kocak… Itu menjadi inspirasi dalam membuat entry ini… Hauhauhauhau… :p Peringatan untuk pembaca: Jangan langsung percaya dengan apa yang lo liat dan lo baca… apalagi yang ada di entry ini…)

Tagged with

17 Responses to “Apakah MSG berbahaya?”

  1. :devil: , kutillllll, hah hah hah ( terengah engah gara-gara kesel ),
    Dan untuk khalayak umum, Blaylock mengatakan ada kebenaran yang sederhana : “Menghindari MSG dapat menjadi langkah paling baik yang Anda lakukan untuk otak Anda”. GUE BAKAL INGET KATA-KATA BLAYLOCK

  2. #39196 Taufik
    May 2nd, 2010 at 13:25

    ” MSG ” itu yg gue tahu “Michael Shencker Group” band

    • udah baca serius judulnya, eh ga taunya gokil isinya..
      betull, jangan dulu percaya apa yang anda lihat
      hahahaha… :D

  3. how could u??!!!! c-ialan!

  4. #64264 aji keren abis
    June 29th, 2011 at 12:20

    :alien: :angel: :angry: :-l :blink: :blush: :cheerful: :cool: :cry: :devil: :dizzy: :ermm: :face: :getlost: :D :happy: :heart: :kissing: :lol: :ninja: :pinch: :| :( :shocked: :sick: :sideways: :silly: :sleeping: :) :p :unsure: :w00t: :wassat: :whistle: ;) :x :bat: :beer: :cake: :camera: :cat: :clock: :cocktail: :cup: :dog: :email: :film: :kiss: :lightbulb: :note: :phone: :present: :rose: :star: :tup: :tdown: :wiltedrose: :unlove:

  5. #64265 aji keren abis
    June 29th, 2011 at 12:23

    kalau gua tau sih msg itu emang bener sih berbahaya tapi adik -adik yang dirumah jangan makan makanan yang berbahaya ya? :blush:

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

:alien: :angel: :angry: :-l :blink: :blush: :cheerful: :cool: :cry: :devil: :dizzy: :ermm: :face: :getlost: :D :happy: :heart: :kissing: :lol: :ninja: :pinch: :| :( :shocked: :sick: :sideways: :silly: :sleeping: :) :p :unsure: :w00t: :wassat: :whistle: ;) :x :bat: :beer: :cake: :camera: :cat: :clock: :cocktail: :cup: :dog: :email: :film: :kiss: :lightbulb: :note: :phone: :present: :rose: :star: :tup: :tdown: :wiltedrose: :unlove: