Kesalahan dasar dalam penulisan: email dan website

Tulisan ini saya buat setelah saya melihat banyaknya kesalahan dalam mengartikan suatu istilah dalam beberapa web, terutama dalam dunia social networking yang bisa dilihat dari banyaknya kesalahan dalam mengisi data di Facebook dan Friendster. Yah, walau mungkin saja ini disengaja, tapi saya rasa ga ada salahnya menjelaskan mengenai beberapa istilah dasar dalam web berikut juga cara penulisannya.

Yang pertama adalah email atau surat-e. Email merupakan istilah dari surat elektronik (electronic mail) yaitu sebuah pesan atau surat yang bisa dikirimkan melalui jaringan internet atau lokal. Banyak provider atau penyedia layanan email gratisan berbasiskan web di internet, seperti Yahoo!, Hotmail (Live), GMail, dan sebagainya. Bila email merupakan “benda” dengan asumsi bahwa dalam dunia nyata email merupakan sebuah surat dan provider email merupakan kantor pos, tukang pos sekaligus menjadi kotak surat di rumah kita, maka terdapat pula alamat email yang bisa dianggap sebagai alamat rumah kita agar surat yang dikirimkan tidak salah sasaran.

Pada dasarnya alamat email (sering disangkat sebagai email saja sehingga tidak jarang menjadi janggal) memiliki beberapa bagian. Sebagai contoh adalah example@mysite.com. Bagian pertama yaitu nama user atau pengguna email, bila dalam contoh di atas adalah “example”. Beberapa provider memperbolehkan huruf, angka, garis bawah (underscore), dan titik (dot) sebagai nama user-nya. Bagian kedua adalah nama situs atau subsitus, yang pada contoh di atas adalah “mysite.com”. Di antara kedua bagian tersebut terdapat tanda @ (dibaca: at / et) sebagai pemisah.

Beberapa kesalahan dasar pada penulisan alamat email adalah sebagai berikut ini:

  • Menulis alamat email menyertakan www dalam nama user. Contoh: www.myuser@mysite.com. Kecuali bila nama user yang didaftarkan memang menggunakan www., maka penulisan di atas adalah salah.
  • Menggunakan spasi. Contoh: nama saya@mysite.com. Hampir tidak ada provider email yang memperbolehkan spasi dalam pendaftaran alamat email.
  • Menggunakan www dalam nama domain. Contoh: saya@www.mysite.com. Dalam beberapa kasus yang jarang, mengirimkan email dengan cara seperti itu memang berhasil, akan tetapi domain suatu situs harus dituliskan dengan baik pada alamat email karena terdapat kemungkinan juga sebuah email didaftarkan di bawah subdomain, misalnya saya@subdomain1.subdomain2.mysite.com. Kemungkinan lain adalah kesalahan pengiriman ke alamat email yang tidak seharusnya.

Yang kedua adalah URL atau website. URL merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator yang merupakan suatu alamat lokasi dalam dunia web dan jaringan. URL sendiri memiliki beberapa bagian. Sebagai contoh, sebuah URL yaitu http://www.example.com/dir/file.php?name1=value1&name2=value2#id1

Bagian pertama disebut jenis protokol, yang pada umumnya dalam dunia web berupa http atau https. Sebenarnya banyak protokol lain dalam dunia web selain kedua protokol umum untuk internet di atas seperti ftp dan file. Pada contoh di atas, protokol adalah http. Nama protokol sendiri selalu diikuti dengan tanda titik dua, dan khusus untuk protokol http dan https, diikuti juga dengan tanda garis miring (slash) dua kali.

Bagian kedua adalah nama domain. Seringkali disebut juga sebagai nama suatu website. Domain terdiri dari beberapa bagian yaitu top level domain (tld) yaitu tingkat domain paling tinggi, seperti .com, .net, .org di mana terdapat banyak domain lain di bawahnya yang disebut domain utama. Pada contoh di atas, top level domainnya adalah .com. Domain utama pada contoh di atas adalah example.com. Terdapat pula subdomain yang bisa dibuat di bawah sebuah domain utama, misalnya subdomain.example.com. Kebanyakan penulisan domain diawali dengan www, akan tetapi belakangan penggunaan www banyak dikurangi karena cenderung membuat bingung pengguna web yang kebanyakan juga meletakkan www di belakang subdomain. Terkadang karena penggunaan www ini, terjadi salah kaprah juga dalam penulisan email seperti yang telah dijelaskan di atas. Umumnya browser akan menerima penulisan nama domain saja tanpa protokol untuk mempermudah pengguna membuka website tujuannya, akan tetapi penulisan nama domain dan protokol diharuskan dalam dunia web developing dan design untuk membedakan sebuah file di situs lain atau sebuah file relatif terhadap domain situs awalnya.

Bagian ketiga adalah nama direktori atau path. Pada contoh di atas adalah /dir/. Direktori ini umumnya menyimpan beberapa file sekaligus, akan tetapi terdapat juga direktori maya di mana digunakan untuk mempermudah netter dan bot search engine untuk mengingat nama suatu alamat situs.

Bagian keempat adalah nama file. Pada contoh di atas adalah file.php. Seperti penamaan file pada umumnya, sebuah file bisa memiliki extension maupun tidak. Kebanyakan file “halaman situs” di internet berakhiran dengan html, htm, php, asp, jsp, cf, cgi. Selain itu juga terdapat nama file lain sesuai dengan fungsinya masing-masing, misalnya gambar dengan extension jpg, png, gif, dokumen dengan nama txt, doc, xls dan sebagainya.

Bagian kelima adalah query atau perintah. Pada contoh di atas, query berupa q=value1&n=value2. Query sendiri dapat dipisahkan menjadi beberapa bagian yaitu nama query (query1 dan query2), nilai query (value1 dan value2), pemisah nama dan nilai menggunakan = (sama dengan), dan pemisah query menggunakan tanda & (ampersand).

Bagian keenam adalah indentitas halaman. Pada contoh di atas berupa #id1. Secara teknik, bila menggunakan contoh di atas, maka halaman web akan menuju kepada sebuah elemen web yang memiliki id yang bernilai id1.

Saat ini banyak situs jaringan sosial misalnya Facebook yang menyediakan field website dalam informasi profile penggunanya dengan maksud agar pengguna menuliskan alamat web, blog atau halaman khusus situs social networking lainnya. Akan tetapi ternyata masih banyak orang yang menuliskan alamat email sebagai nama situsnya sehingga tidak jarang secara otomatis akan diterjemahkan (parsing) oleh situs tersebut dengan menambahkan http://. Alhasil nama email yang ditulis pun berantakan amburadul menjadi seperti http://emailku@situsku.com. Tentu saja bila diklik, maka tidak akan menampilkan situs apapun dalam browser. Ironisnya, banyak yang netters tidak peduli akan hal itu dan membiarkan kesalahan itu terus terjadi padahal secara terang-terangan alamat email yang kacau itu sendiri sudah ditunjukkan kepada netters itu.

Selain itu kesalahan umum dalam penulisan situs adalah sebagai berikut:

  • Menulis URL suatu file menjadi direktori. Misalnya: http://www.example.com/file1.php/. Secara otomatis browser akan mengganggap /file.php/ adalah sebuah direktori, bukan file.
  • Menulis www di belakang suatu subdomain. Misalnya: http://www.subdomain1.domain.com/. Walau banyak situs melakukan redirect (pengalihan) ke nama yang benar tanpa www, ataupun tetap menampilkan halaman web tanpa menghilangkan www, beberapa situs lain akan menampilkan pesan kesalahan atau halaman web tidak ditemukan.

Istilah yang juga sering muncul dalam dunia social networking atau forum diskusi adalah ID Yahoo! Messenger atau ID Yahoo! saja. Kebanyakan orang akan menulis alamat emailnya secara lengkap. Akan tetapi maksud sebenarnya dari Yahoo! ID adalah nama ID yang digunakan dalam login tanpa menggunakan alamat @yahoo.com.

Semoga melalui entry ini, bisa membantu netters memahami arti dari suatu istilah yang sebenarnya dan memperbaiki kesalahan dalam penulisan yang sudah dibuat. :)

This entry was last modified on: September 3rd, 2008 at 20:21

7 Responses to “Kesalahan dasar dalam penulisan: email dan website”

  1. Menggunakan spasi. Contoh: nama saya@mysite.com. Hampir tidak ada provider email yang memperbolehkan spasi dalam pendaftaran alamat email.
    berarti ada donk provider yg bisa pake spasi? contohnya apa?

    untuk yg soal Yahoo! ID, kalo gw c tetep tulis lengkap biar orang tau, gw pake yahoo.com ato yahoo.co.id ato yahoo.apa.lah, soalnya ID itu sekalian gw pake buat e-mail, jadi orang ga usa tanya2 lagi… yah mungkin orang2 lain yg tulis lengkap juga kayak gw… ato mungkin juga ga… lupakan… :silly:

  2. Hmm, namanya aja email alias surat elektronik, kalau dalam pemikiran gue yang namanya surat sih yah ga selalu yang kaya Yahoo! ato Hotmail dan sebagainya itu. Selama ini yang kita kenal itu cuma email di lingkup internet, bukan jaringan lokal, padahal email dalam jaringan lokal itu juga dimungkinkan tanpa harus melalui lingkup internet. Yah walau belum pernah gue temuin, mungkin aja ada, makanya gue bilang “hampir” karena gue juga ga yakin kalau semua email itu ga boleh pake spasi. Program email server kaya Mercury bahkan memperbolehkan memakai tanda + – ( ) dan banyak lagi yang ga bisa dipakai di provider email lainnya. :) Jadi yah, memang sejauh ini belum pernah gue temuin ada provider yang perbolehin spasi, tapi siapa tau. :cheerful:

    Mengenai Yahoo! ID, mungkin sebagian besar orang belum tau mengenai adanya profile yang bisa digunakan oleh setiap account Yahoo yang ada. Gue sendiri punya 4 profile yang berbeda, yang bisa digunain di berbagai layanan Yahoo termasuk juga YM. Maka gue cuma mendaftarkan 1 email saja di Yahoo! tapi bisa login memakai beberapa nama yang berbeda :) Jadi ID itu belum tentu sama dengan email yang didaftarkan soalnya kalau didaftarkan sebagai myname@yahoo.com, bisa aja dia memiliki profile atau ID lain selain myname, misalnya thisismyname, walau ketika kita mengirim sebuah email ke thisismyname@yahoo.com pasti akan menerima pesan kesalahan karena ga ada alamat email itu. :)

  3. blm lg kl yg make www/ngga di depan nama situsnya berhub dg seo, PR, dan sejenisnya..ribet jg ya ternyata.. :(

  4. thanks
    artikelnya bagus

  5. saya agak paham sekarang :cheerful:

  6. sya punya fb,,,tp lupa pasword..

    trus sya mau reset…teryata alamat email sya jd dua yaitu yahoo.com dan yahoo.co.id..

    teryata tidak ada konfrim ke untuk yahoo.id sya..

    tolong gmn cara nya tuk merubah dri .co.id menjadi.com :dizzy:

    • Wah, itu kenapa bisa tiba-tiba jadi ada 2 seperti itu? Setahu saya, untuk email Yahoo sendiri itu merupakan identitas yang ga mungkin bisa terdapat 2 ID yang sama, walau hanya berbeda .com atau .co.id nya saja.

      Bila Anda ingin mengubah email Yahoo Anda dari .co.id menjadi .com, tampaknya hal itu mungkin bisa dilakukan. Bila maksud Anda adalah mengubah email yang terdaftar di facebook, Anda harus login terlebih dahulu, baru kemudian dapat mengubahnya.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:alien: :angel: :angry: :-l :blink: :blush: :cheerful: :cool: :cry: :devil: :dizzy: :ermm: :face: :getlost: :D :happy: :heart: :kissing: :lol: :ninja: :pinch: :| :( :shocked: :sick: :sideways: :silly: :sleeping: :) :p :unsure: :w00t: :wassat: :whistle: ;) :x :bat: :beer: :cake: :camera: :cat: :clock: :cocktail: :cup: :dog: :email: :film: :kiss: :lightbulb: :note: :phone: :present: :rose: :star: :tup: :tdown: :wiltedrose: :unlove: