Abusing Reputation System

Sejak satu bulan belakangan, gue melihat sesuatu yang bikin hati gue panas di Forum SMABHK : junk post dan reputation system. Untuk junk post, kemungkinan besar dari member forum masih terpatok ama yang namanya post quantity, bukan post quality. Serta kemungkinan karena ada group yang namanya ForumHolic yang bikin member merasa harus “mengejar setoran” dengan cepat. Kalau ada member yang seperti ini, biasa Administrator (dalam hal ini gue) memberikan reputasi negatif karena membuat junk post.

Sekarang mari kita membicarakan Reputation System-nya — sesuatu yang membuat gue lebih kesal untuk saat ini dibanding junk post — di mana terjadi banyak tindakan mis-used atau dipake secara tidak benar oleh member forum (kalau ga mau dibilang sebagai pelanggaran). Entah kenapa banyak member forum yang seakan-akan datang ke forum, mendaftar, trus tiba-tiba memberi tambahan reputation point kepada member lain. Padahal dia sendiri belum melihat kualitas post dari member tersebut. Dari apa yang gue selidiki, ternyata banyak diantara mereka yang mengirimkan Private Message (PM) ke member baru tersebut untuk meminta tambahan point. Kadang tidak jarang sang member justru meminta member lain untuk mendaftar hanya untuk mendapat reputation point itu. Owwhh, Man!!! Segitu pentingkah reputasi dalam sebuah forum sampai seseorang harus meminta orang lain yang di-invite memberi reputation kepada dia tanpa memerhatikan kualitas postnya?

Gue akui bahwa memberi reputation adalah hak setiap member forum yang ada di sono. Tapi yang gue ga suka adalah cara penyampaian dan cara mendapatkannya itu. Bahkan udah ada member yang bilang kalau dia ga suka diminta-minta melalui PM oleh member lain.

Reputation system dalam sebuah forum diskusi hanya sebuah alat tambahan (fungsi tambahan) bagi member forum untuk mengapresiasikan pendapat seorang member terhadap kualitas post member lain. Jadi sebenarnya, system ini boleh dihilangkan dari suatu forum. Bahkan banyak forum yang ga menggunakan system ini dari awal seperti phpBB2. Dulu memang sempat juga baca di forum lain yang pake bahasa Inggris dan menggunakan MyBB sebagai softwarenya, fasilitas reputation system memang sengaja dimatiin karena takut adanya pelanggaran serta tindakan-tindakan yang abusive.

Sayang seribu sayang gue juga melihat mulai berkembangannya tindakan abusive ini di forum SMABHK.com. Padahal dulu gue sangat berharap bahwa reputation system ini ramai dipake oleh member — sewaktu baru sekitar 1-2 bulan dibuka dan masih sepi. Tapi sekarang malah terlalu jauh dari harapan gue yang sebelumnya.

Memang ada yang salah dengan penerapan reputation system ini untuk forum SMABHK. Salah satunya adalah dengan membiarkan member yang baru bergabung dapat serta-merta memberi reputasi kepada member lain. Di satu sisi dengan adanya group ForumHolic yang memerlukan reputasi sebagai syarat untuk bergabung juga memancing orang untuk sesegera mungkin mendapat reputasi dalam jumlah yang banyak. Di sisi lainnya lagi, gue melupakan bahwa cenderung terdapat pemberian reputation secara subjektif dari member forum mengingat kebanyakan dari mereka masih satu sekolah atau satu kelas dan saling mengenal di luar forum diskusi.

Untuk ke depannya, ada beberapa hal yang mungkin akan diambil untuk mengurangi aktifitas abusive dari reputation system ini yaitu:

  • Mematikan fungsi reputation system sampai waktu tertentu untuk kemudian diaktifkan kembali setelah versi MyBB yang baru diluncurkan. MyBB versi 1.4.0 dikatakan akan membawa perubahan yang besar dan cukup signifikan dibanding versi 1.2.x yang dipakai sekarang. Salah satunya adalah fungsi member group auto-transfer yang menyebabkan seorang member akan secara otomatis pindah ke membergroup yang lain ketika sudah memenuhi syarat-syarat tertentu. Hal ini juga bagus supaya bisa membatasi penggunaan reputation point hanya untuk member yang sudah cukup aktif di forum.
  • Mengubah kode yang ada sehingga pemberian reputation seperti penggunaan kredit, di mana ada batas penggunaan reputation system. Masalahnya bila kredit itu bertambah sesuai dengan jumlah post, maka akan terdapat junk post lain demi mengejar kredit. Serta harus membuat plugins atau modification baru untuk forum.
  • Menghapus ForumHolic yang disinyalir menjadi akar permasalahan minta-meminta reputation point. Di sisi lain harus mengintegrasikan fungsi-fungsi ForumHolic ke member biasa.
  • Hanya pengurus yang dapat memberi reputation kepada member lain di forum. (cara yang buruk karena sistemnya cenderung seperti pengadilan di mana hanya pengurus yang boleh memberi pendapat dan memutuskan mana yang benar dan mana yang salah)
  • Membiarkan masalah ini berlanjut seolah-olah tidak terjadi apa-apa.
  • Mematikan reputation system untuk selamanya. Cara yang singkat dan efisien untuk masalah ini.

Jadi menurut anda, mana jalan yang terbaik?

/## BERITA TAMBAHAN ##/
Updated, May 14, 2007

Sejak tanggal 14 Mei 2007, ForumHolic dihapus dari forum dan reputation system dalam keadaan dipending untuk dihapus. Pemberian reputasi hanya bisa dilakukan oleh pengurus (administrator, moderator dan support team).

This entry was last modified on: June 14th, 2007 at 20:42

5 Responses to “Abusing Reputation System”

  1. Pada akhirnya mulai hari ini, 14 Mei 2007, usergroup ForumHolic dibekukan dan dihapus dari forum SMABHK.com. ForumHolic disinyalir telah meningkatkan jumlah perlombaan mencari “reputation” dalam forum ini. Diharapkan dengan dihapusnya ForumHolic ini, para member dapat berdiskusi dengan lebih baik dan berkualitas dibanding hanya berlomba-lomba mendapat gelar ForumHolic ini.

    Mengenai penghapusan “reputation system” masih menunggu waktu 1 minggu untuk memastikan bahwa reputation ini benar-benar disalahgunakan setelah penghapusan ForumHolic. Bila tidak terjadi penyalahgunaan, maka reputation system ini akan dipertahankan.

  2. #11 void_inside
    May 14th, 2007 at 09:26

    wakakaka, rupanya om digi uda pissed off banget yah.. :P
    bukan gara2 pembicaraan kita semalem kan? :D

    mengenai subjektifitas GRP.. emang bener sih.. gw aja ada tuh satu dari fliperaci yang emank sohib gue dari TK sampe sekarang.. wakakaka, tapi setidaknya gw ga mengemis sampe PM dia minta GRP lah. lol
    Sistem Kaskus emang cukup bener, berbasiskan vBulletin :

    1. GRP/BRP cuman ada efeknya kalo peberi uda posting >500
    2. Pemberian GRP/BRP cuman bisa 1×24 jam
    3. Ada GRP/BRP cycle dimana seorang member ga bisa kasi poin ke member yang sama setelah sekian minggu/bulan
    4. GRP/BRP yang ada di-list berdasarkan post spesifik (contoh: satu GRP elo itu dari gw, dan gw kasih ke postingan lo di thread “O2Mania” post ke-sekian) jadinya ga terkesan “asal” poin
    5. Cita2 gw cuman satu, pengen kasi title sendiri ke user gw :P

    yah, itu deh kira2 sedikit saran yang bisa gw kasi.. Dan lo sabar2 ya. Kayak kata Uncle Ben di Spiderman,

    “With great power, comes great responsibility.”

    :D

  3. Napa u berpikir gara-gara pembicaraan kita?

    Sebenernya reputation system ini udah mulai membuat gue rada kesel sejak 1 bulan yang lalu. Tapi baru belakangan gue aktif nyari solusi buat reputation system ini. That’s all.

    Lagian keputusan diambil setelah gue bicarain ama pengurus lainnya.

  4. #13 void_inside
    May 16th, 2007 at 08:58

    kenapa? ga tau dah, makanya gw pake tanda tanya di belakang. :P

    yaudah, cepetan aje dituntasin nih masalah.. BTW, hari ini gw bisa buka forum cepet banget bow.. ada apakah ini?

  5. “bangsa kita (anggota forum khususnya) masih dalam tahap belajar”
    belajar itu ga sebentar
    belajar juga ga gampang

    sabar2 aja… :)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

:alien: :angel: :angry: :-l :blink: :blush: :cheerful: :cool: :cry: :devil: :dizzy: :ermm: :face: :getlost: :D :happy: :heart: :kissing: :lol: :ninja: :pinch: :| :( :shocked: :sick: :sideways: :silly: :sleeping: :) :p :unsure: :w00t: :wassat: :whistle: ;) :x :bat: :beer: :cake: :camera: :cat: :clock: :cocktail: :cup: :dog: :email: :film: :kiss: :lightbulb: :note: :phone: :present: :rose: :star: :tup: :tdown: :wiltedrose: :unlove: