Mainan baru: Google Translate

Nemu lagi nih mainan baru di internet. Hehehe… Namanya Google Translate. Bagi sebagian orang mungkin sudah tahu mengenai Google Translate ini, tapi yang membuatnya jadi seru adalah saat ini Google Translate menyediakan fasilitas translate atau penerjemahan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Setelah mendengar kabar ini dari salah seorang teman, aku pun langsung meluncur ke TKP. :D

Di sana ada dua kotak, yang pertama untuk menerjemahkan secara langsung kata-kata yang kita masukkan, sedangkan yang kedua untuk mengisi alamat website yang akan diterjemahkan langsung oleh Google Translate.

Dasarnya memang udah mau iseng, aku isi aja kotak pertama dengan kata:

Dewi Persik menunjukkan goyang patah-patah di sebuah pertunjukan Dangdut

Setelah diterjemahkan oleh Google Translate menjadi:

Dewi Persik, rocking shows broken-broken in a performance Dangerman

Dan saat itu juga aku ngakak melihatnya. :D Dan ga sampai di situ aja, aku masih sempat mencoba untuk mentraslate beberapa kalimat atau bahkan paragraf yang aku buat sendiri yang kadang menjadi lucu, tapi kadang juga dapat diterjemahkan dengan benar atau hampir benar dengan sedikit kecacatan.

Kemudian aku juga mencoba memasukkan http://etersoul.com/ ke kotak kedua dan beberapa saat kemudian muncul terjemahan dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris di halaman itu. Dan ternyata hasil terjemahannya jadi kacau balau, terutama karena banyaknya kata-kata yang ga dikenal oleh Google Translate ini. Beberapa diantaranya adalah kata-kata yang berimbuhan -ku atau ku- (aku) yang selalu tidak diterjemahkan. Dan beberapa kali juga aku ngakak melihat hasil terjemahannya. :D

Selain hanya iseng-iseng, setiap pengguna juga dapat membantu melakukan improvisasi terhadap fasilitas ini dengan menekan “Suggest a better translation” di bagian kanan bawah kotak pertama. Yah, diharapkan nanti Google Trasnlate ini ga cuma jadi mainan saja, tetapi bisa menjadi bagian yang serius yang bisa digunakan untuk mentranslate Bahasa Indonesia ke bahasa lainnya. ;)

Yuk, coba translate entry ini. :p Hahaha…

3 Responses to “Mainan baru: Google Translate”

  1. ada lagi nih yang lucu banget (bagi gw) :D
    “Saya kuliah di BiNus.” >> “How’s it going to do.”
    bener2 ga nyambung dan ga ada hubungannya sama sekali :D
    uda di-suggest c :-? tinggal menunggu respon mungkin :-?

  2. :D
    blog g diterjemahin jadi kacau balau. :D
    yang uda pake b. ing diterjemahin lagi.
    jadi cacat. :D

  3. eta terangkanlah

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

:alien: :angel: :angry: :-l :blink: :blush: :cheerful: :cool: :cry: :devil: :dizzy: :ermm: :face: :getlost: :D :happy: :heart: :kissing: :lol: :ninja: :pinch: :| :( :shocked: :sick: :sideways: :silly: :sleeping: :) :p :unsure: :w00t: :wassat: :whistle: ;) :x :bat: :beer: :cake: :camera: :cat: :clock: :cocktail: :cup: :dog: :email: :film: :kiss: :lightbulb: :note: :phone: :present: :rose: :star: :tup: :tdown: :wiltedrose: :unlove: