My First Overquota

Sebuah hal yang ga lazim terjadi akhirnya terjadi juga hari ini, lebih tepatnya bulan lalu. Dan tentu dari judul, bisa dikira-kira bahwa aku telah memakai sesuatu lebih dari seharusnya. Yap, aku dianggap memakai kuota bandwidth melebihi batas yang ditentukan oleh StarOne.

Selama berlangganan selama 2 tahun lebih, aku belum pernah sekalipun memakai internet melebihi quota. Bahkan saat itu ketika aku berlangganan pertama kali, tarif yang dipasang StarOne yang dijalankan oleh operator Indosat adalah Rp 200 ribu untuk 1 GB per bulan. Saat ini tarif nya sudah turun sampai setengahnya yaitu hanya Rp 99 ribu per bulan belum termasuk pajak.

Sampai suatu hari aku ditelpon orang yang mengaku sebagai orang dari Indosat yang mengatakan bahwa quota yang aku pakai kalau tidak salah ingat itu sekitar 760-an MB sekitar tanggal 21 atau 22 Februari 2009 yang lalu. Padahal saat itu menggunakan software DU Meter yang mencatat penggunaan internet sudah menunjukkan angka sekitar 820-an MB, sehingga selisih dengan yang dikatakan pihak Indosat melalui telepon itu adalah kurang lebih 60-an MB.

Karena baru pertama kali ditelpon, yah aku percaya saja berhubung aku pikir ini salah satu bentuk layanan tambahan yang baru untuk pelanggan dan memang selisih angka yang dibilang masih masuk akal kalau ternyata software yang aku pakai ga akurat (karena waktu itu aku juga pernah membaca bahwa DU Meter memang seringkali memberi angka yang lebih tinggi dari yang seharusnya). Dan sampai akhir bulan Februari 2009, DU Meter mencatat pemakaianku sekitar 1030 MB, yang bila dikurangi selisih tadi berarti baru terpakai 970 MB.

Yang ga aku sangka, ketika hari ini membayar tagihan tersebut, ternyata tagihanku membengkak menjadi Rp 127.123,- sudah termasuk pajak (berarti Rp 115.556,- sebelum pajak). Kebetulan aku juga baru mendapat lembar tagihannya hari ini dan aku bisa melihat pemakaian apa saja selain tagihan paket internet biasa yang bernilai Rp 108.900,- sudah termasuk pajak. Tagihan paket internet Rp 99.000, ditambah tagihan “Biaya Pemakaian Akses Internet” sebesar Rp 16.566,-. Bukan angka yang besar bagi sebagian orang, tapi lumayan untuk bolak-balik kampus 4 hari. Kalau untuk setiap MB kelebihan dikenakan biaya Rp 300,-, maka aku overquota sekitar 55 MB.

Entah siapa yang salah di sini, aku yang memakainya berlebihan, pihak penelpon yang mengaku Indosat yang memberitahukan jumlah bandwidth yang sudah terpakai, atau DU Meter yang ga mencatat penggunaan dengan tepat. Yah, tapi entah kenapa aku merasa menyalahkan Indosat sebagai orang yang menghubungiku yang memberikan informasi yang ga beres mengenai bandwidth yang sudah terpakai.

Ah, dan masih teringat pula sekitar 17 Februari 2009, aku sempat menelpon CS Indosat untuk menanyakan pembayaran yang tidak bisa aku lakukan melalui ATM karena nomor StarOne-ku dianggap tidak terdaftar dan juga mengenai lembar tagihan yang belum datang. Mengenai masalah pembayaran, semua segera beres karena memang aku bisa membayar seperti biasa keesokan harinya. Tetapi untuk lembar tagihan untuk bulan Januari 2009 yang dijanjikan akan sampai tanggal 18 Februari 2009, ternyata sampai hari ini ga sampai-sampai.

Kembali lagi deh ke masalah harus percaya siapa. Mungkin memang lebih baik percaya pada diri sendiri daripada apa yang dikatakan orang lain, khususnya kalau berhubungan dengan operator. Yah, aku juga malas komplain untuk masalah yang seperti ini, anggap saja sebagai bahan pembelajaran supaya ga terjadi lagi nantinya. Ga kotor kan ga belajar. :p

6 Responses to “My First Overquota”

  1. Kelebiha quota juga ya ??? berati bukan aku saja, malah aku bayar lebih nya Rp.27 rbuan. padahal aku sangat membatasi yang paska bayar (aku langganan yang paket 350Mb juga punya yang paket bundled modem IVIO Rp.0,1/Kbyte).
    Malah sekarang setelah ada yang paket unlimited bandwith koneksi ku juga sangat amburadul. Biasanya buka beranda account facebook ku gak sampe 1 MB tapi sekarang baru buka langsung menunjukan angka (hampir) 3MB. :tdown:
    welwh-weleh…….. :(

    • Wah, belakangan udah jarang ngikutin berita StarOne, ternyata baru tau ada paket unlimited toh sekarang. :D Tapi saya malah jadi jarang pake StarOne belakangan, cuma difungsikan sebagai cadangan aja kalau-kalau ada keperluan khusus buat proyek dan kuliah saya seandainya Speedy lagi down. Malah kepikiran buat turunin ke paket 350 MB aja biar lebih murah. :D

      Belakangan jadi tertarik ama Smart tuh. Rp 150rb udah dapat EV-DO 3 Mbps. =p~ Hahaha…

  2. Pak, mau nanya kalau pake starone unlimited bisa digunakan untuk membuat home web server ga?

    • Untuk StarOne unlimited saya belum pernah coba dan belum pernah dengar dari yang lain soal ini berhubung memang jarang yang pakai StarOne. Mungkin ada baiknya Anda tanyakan langsung pada customer service Indosat mengenai apakah Anda akan mendapat IP private atau IP public. Bila Anda mendapat IP private berarti Anda seharusnya bisa membuat home web server sendiri. Kecuali bila ada masalah seperti pemblokiran port 80 yang digunakan secara default untuk web server, sehingga Anda terpaksa harus memakai port lainnya yang dibuka.

  3. Jadi syaratnya harus pakai IP private, berarti pakai Broom unlimited bisa?

    • Secara teoritis sih bisa selama IP private. Tapi kembali lagi ke pihak operatornya, apakah mereka membuka port untuk incoming atau justru diblokir. :) Mungkin ada baiknya Anda coba untuk bertanya secara langsung dulu kepada pengguna yang memakai Broom atau StarOne unlimited itu, khususnya yang pernah memakainya untuk membangun home web server. :)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

:alien: :angel: :angry: :-l :blink: :blush: :cheerful: :cool: :cry: :devil: :dizzy: :ermm: :face: :getlost: :D :happy: :heart: :kissing: :lol: :ninja: :pinch: :| :( :shocked: :sick: :sideways: :silly: :sleeping: :) :p :unsure: :w00t: :wassat: :whistle: ;) :x :bat: :beer: :cake: :camera: :cat: :clock: :cocktail: :cup: :dog: :email: :film: :kiss: :lightbulb: :note: :phone: :present: :rose: :star: :tup: :tdown: :wiltedrose: :unlove: