Binusian Blog

Hari ini ketika login ke LMS Binusmaya, aku melihat sebuah pengumuman, lebih tepatnya private message dari pihak Binus yang berjudul “PENDAFTARAN BLOG untuk BINUSIAN“. Dipikir-pikir, tumben kok bisa muncul ide buat blog Binusian kaya gini.

Akhirnya iseng-iseng melihat ke homepage Binusian Blog ini di blog.binusian.org. Dan benarlah seperti dugaanku, software yang digunakan adalah WordPress MU seperti kebanyakan blog hosting lainnya. Soalnya memang sih menggunakan software ini lebih mudah dibanding harus membuatnya dari awal karena tampaknya membuat platform blog sendiri akan memakan waktu yang cukup lama, apalagi ditambah dengan fitur yang advanced seperti WordPress MU, walau bukan berarti ga bisa.

Teringat kembali ketika peringkat Webometrics diumumkan dan kampusku masuk ke peringkat 4000 besar kampus yang memiliki sistem online terbaik. Setelah pengumuman itu, aku sempat mendengar desas-desus bahwa Binus ingin mengimplementasikan platform blogging ke situsnya, mungkin untuk mendongkrak peringkat Webometrics tersebut (karena aku sendiri sempat ditanyakan mengenai apa aku bisa membuat software blog yang mirip dengan BlogSpot oleh manager proyekku selama ini yang notaben-nya adalah orang IT Binus).

Aku sendiri belum terlalu yakin apakah pembukaan blog ini memang untuk mendongkrak ranking Web-O-Metric atau bukan karena domain yang digunakannya pun bukan domain dari pihak kampus yaitu binus.ac.id. Atau mungkin saja pembukaan blog ini untuk memenuhi gaya hidup para Binusian (termasuk dosen, mahasiswa, karyawannya) yang sekarang sudah (harus) lebih melek teknologi dan juga melek blog. Tapi at least ada sesuatu yang baru bagi Binusian sekarang ini, di samping MSDNAA yang ditawarkan berkat kerja sama Microsoft dengan Binus untuk menyediakan software asli gratis mulai dari Windows Vista Business Edition, Windows Server 2008, Visual Studio 2008 Enterprise, sampai SQL Server 2008 (dan yang pasti kalau dibeli bisa ampe ratusan ampe ribuan dollar US). Dan tentu saja ini hanya berlaku selama menjadi mahasiswa dan dosen aktif di Binus. Sayangnya aku sendiri belum “sanggup” untuk mendownload semua software itu karena platform yang disediakan memang via download.

Anyway, peluncuran blog ini memang agak telat kalau dilihat dari sisi waktu karena aku melihat banyak kampus yang sudah membuka fasilitas blogging bagi para mahasiswa dan dosennya. Tetapi apa boleh dikata, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Terkadang stimulus memang harus ada terlebih dahulu sebelum dapat bergerak ke arah yang lebih baik.

Jadi bagi para Binusian yang belum punya blog, ada baiknya mempertimbangkan membuat blog di Binusian Blog tersebut, hitung-hitung karena masih seumur jagung juga, berarti “pesaing” masih sedikit bagi orang-orang yang ingin menonjolkan diri sebagai yang terbaik dalam menulis blog. :)

Happy blogging! :)

This entry was last modified on: March 14th, 2009 at 21:20

2 Responses to “Binusian Blog”

  1. Mangtab juga ini analisanya .. dalem dan cerdas…

  2. Thanks. :) Staff IT Directorate Binus kah? :D

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

:alien: :angel: :angry: :-l :blink: :blush: :cheerful: :cool: :cry: :devil: :dizzy: :ermm: :face: :getlost: :D :happy: :heart: :kissing: :lol: :ninja: :pinch: :| :( :shocked: :sick: :sideways: :silly: :sleeping: :) :p :unsure: :w00t: :wassat: :whistle: ;) :x :bat: :beer: :cake: :camera: :cat: :clock: :cocktail: :cup: :dog: :email: :film: :kiss: :lightbulb: :note: :phone: :present: :rose: :star: :tup: :tdown: :wiltedrose: :unlove: