Dilema “Class of” vs Angkatan

Pengguna Facebook yang memperhatikan profile tentu akan menyadari sebuah bagian profile yang mencantumkan informasi mengenai pendidikan, mulai dari tingkat SMA alias high school, sampai dengan tingkat perguruan tinggi. Dan tentu bagi yang benar-benar memperhatikan, akan ditemui banyak sekali “keanehan” di sini, misalnya saja aku yang meletakkan tahun 2010 sebagai isi dari field class of atau class year atau angkatannya yang terletak di samping nama sekolah dan perguruan tinggi. Sedangkan sebagian teman-temanku yang seangkatan denganku malah menulis 2006 sebagai class of nya. Lalu yang mana yang benar?

Awalnya aku meletakkan angka 2010 juga bukan karena tanpa alasan, dan tentu saja Facebook meletakkan angka itu dalam dropdown list juga bukan tanpa alasan. Bahkan untuk tahun 2009 ini, Facebook sudah meletakkan batas sampai tahun 2015 sebagai isi dari dropdown list class of tersebut. Aku sempat berpikir waktu akan memilih isi dari field ini (saat itu tahun 2007 dan batas akhirnya adalah 2013), “kalau Facebook meletakkan 2013, dan kalau itu berarti angkatan ketika masuk sebuah perguruan tinggi, betapa optimisnya orang yang akan mengisi 2013 sebagai tahun untuk dia masuk ke perguruan tinggi itu.” Jadi buat apa juga Facebook meletakkan tahun sejauh itu? Aku pun mulai memburu arti kata class of ini, dan yang pasti source pertama yang aku telanjangi adalah WordWeb yang salah satu isinya “a body of students who graduate together” ketika mengetikkan kata class.

Tidak cukup sampai di situ, aku pun mencoba mencari-cari di Google makna dari class of ini dan juga melihat-lihat profile orang lain dan aku pun jadi yakin kalau class of itu adalah tahun kelulusannya karena tahun kelulusan bisa dikira-kira ketika kita mulai bergabung dengan institusi pendidikan. Karena perbedaan budaya antara Indonesia dan barat, maka sebagian orang yang kurang tahu mengenai hal ini akan menuliskan tahun masuknya. Selain itu terdapat fitur mengganti ke bahasa Indonesia yang tidak diterjemahkan secara sesuai dengan arti dalam Bahasa Inggris nya, sehingga jadilah “angkatan” yang digunakan dalam field itu, padahal akan lebih cocok kalau diterjemahkan sebagai “tahun kelulusan”.

Alhasil teman seangkatanku di Binus banyak yang memiliki class of 2006 karena aku sendiri menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di Facebook. Dan mungkin akan banyak juga yang terheran-heran menemukan “teman seangkatannya” yang jauh lebih tua 4 tahun hanya karena masalah ini. :D Tapi kembali lagi dari sudut pandang mana field itu dilihat, apakah class of, atau justru angkatan. Paling tidak dengan mengetahui fakta ini kita bisa mengira-ngira sebenarnya “nih orang ketuaan ga sih buat jadi mahasiswa / murid SMA”. :)

5 Responses to “Dilema “Class of” vs Angkatan”

  1. Yup, emang bener “class of” itu tahun lulus. Orang Indo yg ga pernah skolah di luar negeri kemungkinan besar bakal salah paham. Dan ini kayaknya ga bakal diajarin di tempat les inggris mana pun di Jakarta. hahaha…

  2. Harga Terbaru

    Dilema “Class of” vs Angkatan | Facebook | Etersoul Journey

  3. Daftar Harga

    Dilema “Class of” vs Angkatan | Facebook | Etersoul Journey

  4. Related Site

    Dilema “Class of” vs Angkatan | Facebook | Etersoul Journey

  5. inquiry

    Dilema “Class of” vs Angkatan | Facebook | Etersoul Journey

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

:alien: :angel: :angry: :-l :blink: :blush: :cheerful: :cool: :cry: :devil: :dizzy: :ermm: :face: :getlost: :D :happy: :heart: :kissing: :lol: :ninja: :pinch: :| :( :shocked: :sick: :sideways: :silly: :sleeping: :) :p :unsure: :w00t: :wassat: :whistle: ;) :x :bat: :beer: :cake: :camera: :cat: :clock: :cocktail: :cup: :dog: :email: :film: :kiss: :lightbulb: :note: :phone: :present: :rose: :star: :tup: :tdown: :wiltedrose: :unlove: