Membuat Group dan Pages di Facebook

Apakah kamu memiliki bisnis yang ingin diperkenalkan ke teman-teman kamu di Facebook? Atau ingin punya sebuah grup diskusi khusus dengan orang-orang yang memiliki minat dan hobi yang sama dengan kamu? Kalau begitu, berkenalanlah dengan 2 fitur yang namanya Group dan Pages di Facebook.

Bagi kamu yang sudah pernah menggunakan Friendster tentu tidak akan asing lagi dengan yang namanya Group. Fungsi Group di FB dan FS kurang lebih sama dengan fitur yang juga hampir mirip, lalu apalagi itu yang namanya “Pages”? Pages merupakan sebuah halaman profile khusus yang dapat digunakan untuk sebuah produk atau yang lainnya selain profile seseorang. Melalui Pages, sebuah perusahaan dapat menjelaskan produk-produknya dan juga bahkan bisa melakukan marketing dengan gratis (dan tentu saja bisa juga dengan bayar bila ingin ditampilkan sebagai iklan). Seorang aktor atau aktris ternama juga bisa memiliki halaman Pages selain di halaman utamanya. Seorang penyanyi atau kelompok band dapat mengumumkan jadwal tur dan penampilannya. Perbedaan antara profile dan Pages adalah dalam hal pertemanan, di mana Pages menerima teman sebagai “Fans” yang jumlahnya bisa tidak terbatas, sedangkan profile biasa hanya terbatas pada 10.000 teman. Selain itu Profile harus dimiliki oleh perseorangan, sedangkan Pages bisa diwakilkan, dan tentu saja perwakilannya harus resmi. Dengan kata lain, Pages di FB ini hampir sama dengan Fans Profile di FS.

Bila ingin bergabung dengan group yang dibuat oleh orang lain tentu bukan perkara yang sulit. Kamu hanya perlu meminta orang tersebut meng-invite kamu ke dalam group dan kemudian mengklik link yang disediakan di halaman request. Selain itu juga bisa dengan membuka halaman group tersebut dan mengklik link untuk bergabung dengan group tersebut. Begitu juga dengan Pages, cukup mengklik link Be a Fans, maka dalam sekejap kamu akan menjadi fans dari Pages tersebut. Lalu bagaimana kalau kamu ingin memulai sebuah group? Atau malah memulai sebuah Pages? Simak caranya di bawah.

Karena aku menggunakan interface Bahasa Inggris, kalau kamu menggunakan interface Bahasa Indonesia, tolong disesuaikan saja.

Untuk membuat Group di Facebook, caranya cukup dengan mengklik menu Applications (di kiri bawah) dan memilih aplikasi Groups. Cara mudah yang lainnya adalah dengan membuka alamat http://www.facebook.com/groups.php di browser kamu. Setelah itu pilih tulisan “Create New Group” yang terdapat di kanan atas. Setelah itu kamu mulai bisa membuat Group dengan memilih nama grup, network utama yang ingin digunakan, deskripsi dan sebagainya. Jangan lupa juga untuk memilih kategori yang tepat sesuai dengan grup yang mau kamu buat. Setelah itu cukup klik tombol Create Group yang terdapat di bagian bawah dan sim-salabim, group belum jadi sepenuhnya. :D Memang grup itu sudah bisa dipakai, tetapi masih banyak hal yang masih harus kamu lakukan, seperti meng-invite orang lain untuk menjadi anggota grup, kemudian mengupload gambar untuk grup dan lainnya.

Lalu bila kamu ingin membuat Pages, untuk mengaksesnya secara langsung agak sulit karena link nya cukup tersembunyi. Link ini hanya bisa ditemukan di bagian depan FB sebelum kamu login di mana ada tulisan “To create a page for a celebrity, band or business, click here” atau melalui sebuah halaman Pages, kemudian mengklik link “Create a page for my business” di kiri bawah Pages tersebut. Seperti biasa, kalau ga mau repot-repot klik sana kemari, cukup masukkan http://www.facebook.com/pages/create.php ke address bar browser kamu. Nah, setelah itu, hampir sama prosesnya dengan membuat Group, kamu akan diminta menentukan jenis Pages yang kamu punya terlebih dahulu serta menentukan nama Pages nya. Hati-hati, nama ini bersifat permanen atau hanya dapat ditulis sekali saja dan tidak dapat diubah lagi! Setelah itu kamu bisa mengubah-ubah isi Pages tersebut layaknya kamu mengubah-ubah isi profile Facebook kamu.

Lalu apa bedanya antara Group dan Pages ini? Perbedaan yang paling jelas tentu saja fitur yang dapat dimanfaatkan. Pages dapat menambahkan aplikasi layaknya profile biasa, serta tampilannya pun mirip dengan halaman profile. Selain itu Pages juga memiliki URL atau alamat khusus yang dapat dipakai oleh orang lain untuk langsung mengakses ke halaman tersebut selayaknya sebuah profile dengan username khusus, misalnya saja http://www.facebook.com/pages/Contoh-Pages/101010010 sehingga mempermudah seseorang untuk mengetahui apa isi link tersebut.

Dan berhati-hatilah, walaupun kamu bisa membuat Group sebanyak-banyak kamu dan sesuka-suka kamu, jangan sampai kamu membuatnya berlebihan sampai akhirnya diblokir oleh FB. Begitu juga dengan Pages, di mana kamu harus merupakan seorang perwakilan resmi dari produk, organisasi atau bisnis yang kamu iklankan tersebut. Kalau sampai aturan ini dilanggar, bisa-bisa bukan hanya Pages saja yang dihilangkan, bahkan profile kamu juga bisa hilang karena memang dalam membuat Pages diperlukan sebuah profile asli di Facebook. Jangan juga membuat Pages kalau kamu bukan perwakilan resmi dari Pages tersebut karena kalau sampai sang “pemilik” Pages itu mengetahui mengenai ini, bisa-bisa kamu juga kena batunya.

Anyway, selamat ber-Facebook, ber-Group dan ber-Pages ria. :)

This entry was last modified on: June 21st, 2009 at 15:18

39 Responses to “Membuat Group dan Pages di Facebook”

  1. ventra.ru

    Membuat Group dan Pages di Facebook | Facebook | Etersoul Journey

  2. free printable vouchers for london attractions

    Membuat Group dan Pages di Facebook | Facebook | Etersoul Journey

  3. john lewis uk online store

    Membuat Group dan Pages di Facebook | Facebook | Etersoul Journey

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

:alien: :angel: :angry: :-l :blink: :blush: :cheerful: :cool: :cry: :devil: :dizzy: :ermm: :face: :getlost: :D :happy: :heart: :kissing: :lol: :ninja: :pinch: :| :( :shocked: :sick: :sideways: :silly: :sleeping: :) :p :unsure: :w00t: :wassat: :whistle: ;) :x :bat: :beer: :cake: :camera: :cat: :clock: :cocktail: :cup: :dog: :email: :film: :kiss: :lightbulb: :note: :phone: :present: :rose: :star: :tup: :tdown: :wiltedrose: :unlove: