Internet Explorer 9 Beta at a Glance

Internet Explorer 9 (IE9). Mungkin ini menjadi salah satu browser yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya, apalagi melihat banyaknya isu-isu bahwa borwser ini adalah pembunuh “para pembunuh Internet Explorer versi sebelumnya”. Digadang-gadangkan bahwa IE9 memiliki fitur yang lebih baik daripada kebanyakan browser alias saingan lainnya, dan bahkan lebih cepat dari browser-browser lainnya. Apakah memang benar begitu? Mari kita coba lihat secara singkat mengenai browser yang sekarang masih dalam tahap beta ini.

Internet Explorer 9 Beta Interface

Interface dari IE9 Beta.

Pertama, untuk interface. Untuk urusan interface, pasti interface yang paling banyak ditiru belakangan adalah interface dengan tab di posisi paling atas dari browser, tak ketinggalan juga, kini IE9 juga melakukan perubahan yang sama. Tab diletakkan pada bagian paling atas. Uniknya, address bar yang digunakan untuk menampilkan dan menuliskan URL berada sejajar dengan tab tersebut. Kesan yang aku dapat dari situ adalah jadi terasa sempit. Entah kenapa, bagian atas jadi terasa terdapat celah kosong yang terlalu besar, padahal Google Chrome saja memanfaatkan “celah” tersebut, dan tetap menyediakan tempat tersendiri bagi address bar sehingga baris untuk address bar masih bisa diisi dengan tools-tools lainnya.

Kemudian dengan memanfaatkan fitur Aero Peek dari Windows 7 yang aku gunakan, aku bisa melihat thumbnails dari halaman web yang aku buka. Yup, walaupun berada di dalam tab tersendiri, tetapi thumbnails tetap ditampilkan sendiri-sendiri melalui taskbar sehingga kita dapat melihat sekilas isi dari halaman tersebut hanya dengan meletakkan mouse di thumbnails tersebut. Perlu diketahui, fitur ini juga terdapat di Firefox 4 beta. Terdapat juga fitur baru untuk membuat halaman web menjadi seperti sebuah aplikasi yang bisa di-pin di start menu atau task bar. Sayangnya, fitur serupa juga sudah dipersiapkan Mozilla dari jauh hari dengan Prism-nya.

Selanjutnya mengenai performa dari IE9. Aku akui bahwa IE9 menunjukkan kemajuan yang cukup sejak kemunculan IE8. Microsoft selaku pengembangnya sempat membanggakan fitur baru di mana proses rendering dari halaman web akan mengalami peningkatan signifikan karena IE9 akan memanfaatkan tenaga GPU alias Graphic Processing Unit yang menganggur. Alhasil aku pun mencoba melihat hasil perbandingan kinerja antara beberapa browser di beberapa tempat, mulai dari IE 9 Test Drive, SunSpider, dan FutureMark Peacekeeper. Pada IE 9 Test Drive, performa yang ditunjukkan oleh IE9 Beta sangat superior dibanding dengan browser yang lainnya. Bahkan di salah satu test yang bernama Psychedelic Browsing, angka yang diberikan lebih dari 1000% daripada Google Chrome 6 dan Opera 10.62. Angka yang fantastis. Begitu juga di beberapa test lain yang terdapat di web tersebut, semua memperlihatkan bahwa IE9 Beta ini sangat mumpuni menghadapi segala rintangan, sedangkan browser lain kebanyakan tidak mampu menjalankannya dengan sempurna. Apakah benar begitu?

Kemudian aku menjalankan test JavaScript di SunSpider, di mana IE9 Beta masih terpaut lumayan dari Chrome 6 dan Opera 10.62. Dan seperti banyak diberitakan, Firefox 3.6 maupun 4 Beta tertinggal dari IE9 dalam pengujian JavaScript. Dilanjutkan dengan mengetes FutureMark Peacekeeper yang hasilnya bertolak belakang dari test-test yang ada sebelumnya, IE9 menempatkan dirinya di urutan terakhir, bahkan di bawah Firefox 3.6. Sedangkan browser lainnya seperti Chrome 6, Opera 10.62, Safari 5, Firefox 4 beta masih memimpin di depan IE9 Beta. Jadi kalau dilihat dari sini sebenarnya aku curiga bahwa IE9 beta ini memang sudah dioptimalkan untuk bekerja dengan superior di kandangnya sendiri. Mari kita coba lihat saja nanti hasil akhirnya seperti apa.

Hal yang cukup menarik bagiku adalah kemampuan IE9 Beta yang baru untuk mendeteksi bila terdapat addons yang menghambat kinerja dari browser ini. Bila terdapat sebuah addons yang bekerja dengan lambat, otomatis IE9 akan memberitahukannya kepada pengguna apakah ingin mematikannya atau tidak.

Setelah performa, kita akan membicarakan standar dalam web, terutama yang paling hangat adalah HTML5 dan CSS3. Melalui IE9, telah terbukti bahwa pengembanganya, yaitu Microsoft, sudah bekerja keras untuk membuat sebuah aplikasi yang sesuai dengan standar terbaru. Pada test Acid3, IE9 Beta berhasil melewati angka 95/100. Walau belum sempurna, tetap saja hal ini cukup mengejutkan mengingat IE8 saja terpaut sangat jauh. Kemudian dari CSS3 Selector Test, seperti yang telah disebutkan oleh Microsoft sendiri, IE9 mampu menyelesaikan semuanya dengan baik.

Bila selector sudah dibenahi dalam IE9, maka beberapa style dari CSS3 juga sudah dapat diimplementasikan di browser ini. Beberapa di antaranya adalah web fonts, border-radius dan box-shadow. Walau tidak terlalu banyak, hal ini sudah cukup membantu karena ketiga style ini merupakan style dari CSS3 yang mulai banyak digunakan dalam mendesain web. Sayangnya, walau sudah mendukung penggunaan web fonts, IE9 belum mendukung penggunaan format WOFF di dalamnya. Standar lain seperti SVG juga sudah didukung oleh IE9 Beta.

Yak, itulah beberapa pendapat dariku mengenai IE9 Beta ini. Karena masih dalam tahap beta, berarti juga masih ada kemungkinan perbaikan dan perubahan yang akan terjadi sebelum akhirnya dirilis secara resmi. Oh iya, IE9 hanya bisa diinstall pada sistem operasi minimal Windows Vista atau Windows 7. Oleh karena itu, bagi yang masih memakai Windows XP, silahkan memperbarui sistem operasinya ke Windows 7, atau bila memang tetap bersih keras mau memakainya tanpa harus menkonversi OS Anda, silahkan saja gunakan VM. :)

Tambahan juga, bagi orang yang melakukan perubahan registry di mana folder installasi untuk program tidak lagi di “C:\Program Files\” atau “C:\Program Files (x86)\” mungkin akan menemukan kesulitan ketika menginstall IE9 Beta. Hal ini mengingat bahwa IE merupakan program bawaan dari Windows 7. Walaupun dikatakan bahwa IE bisa dihapus secara total dari Windows 7, akan tetapi di beberapa tempat masih menggunakan IE sehingga tidak semua file bisa benar-benar dibersihkan. Mengingat sejak pertama Windows 7 akan meng-install IE8 di “C:\Program Files\Internet Explorer\”, maka setelah kita mengubah registry sekalipun dan kemudian menginstall IE9, maka ketika IE9 dijalankan browser akan langsung tertutup dengan sendirinya.

Oleh karena itu, cara untuk melakukan installasi IE9 Beta ini adalah dengan mengubah registry dulu sementara ke “C:\Program Files” (dan “C:\Program Files (x86)\” bila Anda menggunakan Windows versi x64), kemudian melakukan installasi IE9 (jangan restart dulu), lalu kembalikan lagi setting registry Anda ke path Program Files yang sudah Anda ubah, baru kemudian restart komputer Anda. Bila sudah selesai, coba pergunakan IE9 yang baru Anda install. Kalau ternyata IE mengalami masalah dalam loading, ada baiknya Anda mencoba mengcopy semua file IE9 di “C:\Program Files\Internet Explorer\” ke path program files Anda sendiri.

Untuk meng-uninstall, pilihannya tidak akan terdapat hanya di Control Panel > Programs and Features. Akan tetapi di bagian View Installed Update di window Program and Features tersebut. Karena aku sendiri belum pernah menguninstall setelah melakukan cara di atas, ada baiknya bila ingin menguninstall IE9 tersebut, lakukan dulu hal yang sama di atas sebelum meng-uninstall dan sebelum restart.

Sekian dulu review dan juga komentar setelah mencoba IE9 Beta beberapa saat. Mungkin ada baiknya kita menunggu IE9 stabil sebelum menghakimi browser “killer” ini.

Selamat mencoba bagi yang ingin mencobanya. :)

This entry was last modified on: October 7th, 2013 at 0:10

One Response to “Internet Explorer 9 Beta at a Glance”

  1. […] Internet Explorer 9 Beta at a Glance | Computer | Etersoul Journey […]

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

:alien: :angel: :angry: :-l :blink: :blush: :cheerful: :cool: :cry: :devil: :dizzy: :ermm: :face: :getlost: :D :happy: :heart: :kissing: :lol: :ninja: :pinch: :| :( :shocked: :sick: :sideways: :silly: :sleeping: :) :p :unsure: :w00t: :wassat: :whistle: ;) :x :bat: :beer: :cake: :camera: :cat: :clock: :cocktail: :cup: :dog: :email: :film: :kiss: :lightbulb: :note: :phone: :present: :rose: :star: :tup: :tdown: :wiltedrose: :unlove: