Archive for the ‘Just for fun’ Category

The Real Optical Illusion

Keyboard Optical Illusion

Keyboard Optical Illusion

Mungkin bisa dicoba di depan komputer masing-masing :lol:

Bahaya Dihidrogen Monoksida

Pernahkah Anda mendengar senyawa yang disebut Dihidrogen Monoksida (Dihydrogen Monoxide) belakangan ini? Mendengar namanya saja tampaknya akan membuat beberapa orang lututnya gemetar, mual-mual, susah (maaf) buang air besar, dan mengalami gangguan janin dan kehamilan. Dan tentu saja dengan nama tersebut, bisa saja beberapa orang mensejajarkannya dengan senyawa Sianida, Karbon Monoksida, Uranium dan juga Khloro Fluoro Karbon.

Secara singkat, berdasarkan hasil penelitian banyak pihak (bisa dicari di Google), Dihidrogen Monoksida (mulai sekarang kita sebut saja dengan DM) merupakan salah satu senyawa yang paling sering terpapar pada manusia baik disadari atau tidak disadari. Setiap minuman dan makanan bisa memiliki senyawa ini dengan tingkat hanya 0,1%, sampai pada angka yang mendekati 100%. Senyawa ini sendiri sebenarnya sudah ditemukan sejak jaman nenek moyang kita dan terkadang selalu menjadi momok menakutkan bila jumlahnya meningkat secara tiba-tiba dari bentuk gasnya, dan secara ga sadar ikut berpengaruh pada siklus kehidupan orang-orang di Indonesia, khususnya Jakarta. Belakangan ini juga terdapat ketakutan bahwa sejumlah besar DM padat akan mencair dalam jumlah besar karena global warming dan akhirnya dapat merusak kehidupan di bumi.

Dan tanpa basa-basi lagi, inilah akibat-akibat yang bisa ditimbulkan bila terlalu banyak terpapar dengan senyawa DM:

  • Bila tertelan dalam jumlah besar, perut akan terasa mual dan dalam beberapa kasus malah menimbulkan kematian karena gagal ginjal atau karena hidrasi berlebihan. Seringkali juga akan mengakibatkan seseorang harus pergi ke WC karena merasakan tekanan berlebihan di sekitar perut bagian bawah yang membuat duduk gelisah dan dunia terasa runtuh sebagian. Senyawa ini tanpa disadari dapat dikeluarkan dari kulit, mata, mulut dan bagian-bagian tubuh lainnya yang terkadang bisa membuat tubuh kita menjadi bau dan menyebabkan orang lain ga mau dekat-dekat dengan penderitanya.
  • Bila terlalu lama terkena kulit, maka kulit akan keriput dan akhirnya mengelupas digantikan lapisan yang baru. Bayangkan saja bagaimana kalau senyawa ini kontak dengan seluruh tubuh terlalu lama, apakah mungkin kita menjadi seperti ular ganti kulit yah? :ermm:

Tentu saja tanpa disadari, ketika beberapa manusia menghindari senyawa ini, sebenarnya ada cukup banyak fungsi senyawa ini bagi manusia yang salah satunya adalah untuk diberikan kepada tanaman agar bisa tumbuh tinggi, dan yang akhirnya kita bisa memanennya sebagai pangan kita.

Dan yang terakhir adalah bahwa senyawa ini memiliki beberapa ciri-ciri pada suhu ruangan, salah satunya berbentuk cair. Dalam beberapa kasus bisa memiliki ciri-ciri: bening, tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau, akan tetapi ciri-ciri ini bisa berubah sesuai dengan kondisi dan ketika sudah “berkoalisi” dengan campuran dengan senyawa lainnya seperti sirup, kaldu dan tinta. Pada suhu 273 Kelvin dan tekanan 1 atmosfer, senyawa ini akan berada pada kondisi antara bentuk padat dan cair, yang artinya bila berada di bawah suhu 273 Kelvin maka senyawa akan berbentuk padat, pada suhu di atas 273 Kelvin maka akan berbentuk cair. Pada suhu 373 Kelvin ke atas, senyawa ini akan berubah menjadi gas atau uap.

Perlu diketahui bahwa senyawa ini memiliki nama lain yang lebih dikenal masyarakat luas, beberapa di antaranya adalah H2O, air (Bahasa Indonesia), water (Bahasa Inggris), dan banyu (bahasa Jawa – kali yah?). Yap, ditelisik dari katanya “Di-hidrogen Mono-oksida” secara harafiah berarti Dua Hidrogen Satu Oksida atau ditulis dalam rumus kimia H2O1 atau lebih dikenal dengan H2O alias air.

Oleh sebab itu WASPADALAH, WASPADALAH!!

Pesan tambahan yang bener-bener harus dan wajib dibaca: hoax soal senyawa mengerikan alias air ini sebenarnya udah lama beredar di Amerika Serikat dan sekarang malah beredar di Indonesia dengan bentuk yang berbeda. Lagian apa salahnya kalau apapun makanannya, minumnya tetap pake teh itu. :D Jadi waspadalah agar terhindar dari hoax yang mudah menyebar. Dan kenapa saya memasukkan ke dalam kategori science? Karena saya menganggap sebenarnya hal ini memang berhubungan dengan ilmu alam, khususnya kimia. :D

This entry was last modified on: May 14th, 2009 at 20:20

Sehat itu susah ternyata

Setiap orang pasti ingin dirinya sehat. Siapa sih yang mau dirinya sendiri sakit? Walau begitu tentu ada saja orang yang mau menginginkan orang lain sakit. Dan yang pasti bila sedang jatuh sakit, rasanya tidak akan pernah enak daripada saat kita sehat. Makan menjadi ga nafsu, mau pergi jalan-jalan juga susah, orang lain jadi terganggu, belum lagi kita sendiri merasa ga enak karena menyusahkan orang lain atau membuat orang lain khawatir dengan keadaan kita (tentunya bagi yang merasa menyusahkan atau membuat khawatir orang lain).

Kalau sakit itu susah, lantas bagaimana kalau sehat? Yah, tentu saja lebih baik menjaga kesehatan daripada jatuh sakit. Tapi siapa bilang kalau mau sehat itu bisa lebih gampang beraktivitas daripada waktu kita sakit? :) Paling ga, kalau sehat kita ga perlu ikut mengantri minum air kobokan tangannya Ponari dan Batu Bertuah karya JoKo Guling-Guling (who?) yang terkenal itu.

(more…)

Funny Indian Songs

Hari ini iseng buka-buka YouTube. Tiba-tiba teringat lagu lucu yang pernah diberitahu oleh temanku. Akhirnya setelah benar-benar ga ada kerjaan, aku buka saja related videos nya dan menemukan beberapa lagu yang tidak kalah lucunya. Bagi yang ingin tertawa dan terhibur, dengan syarat mengerti bahasa Inggris secara tertulis, silahkan nonton beberapa video di bawah ini. :) Cheers.

(more…)

This entry was last modified on: November 29th, 2008 at 6:44

Wassup for Obama

Sebuah video yang lucu yang juga mengkampanyekan Barrack Obama. :) Selamat menonton.

This entry was last modified on: November 9th, 2008 at 22:47

Mainan baru: Google Translate

Nemu lagi nih mainan baru di internet. Hehehe… Namanya Google Translate. Bagi sebagian orang mungkin sudah tahu mengenai Google Translate ini, tapi yang membuatnya jadi seru adalah saat ini Google Translate menyediakan fasilitas translate atau penerjemahan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Setelah mendengar kabar ini dari salah seorang teman, aku pun langsung meluncur ke TKP. :D

Di sana ada dua kotak, yang pertama untuk menerjemahkan secara langsung kata-kata yang kita masukkan, sedangkan yang kedua untuk mengisi alamat website yang akan diterjemahkan langsung oleh Google Translate.

Dasarnya memang udah mau iseng, aku isi aja kotak pertama dengan kata:

Dewi Persik menunjukkan goyang patah-patah di sebuah pertunjukan Dangdut

Setelah diterjemahkan oleh Google Translate menjadi:

Dewi Persik, rocking shows broken-broken in a performance Dangerman

Dan saat itu juga aku ngakak melihatnya. :D Dan ga sampai di situ aja, aku masih sempat mencoba untuk mentraslate beberapa kalimat atau bahkan paragraf yang aku buat sendiri yang kadang menjadi lucu, tapi kadang juga dapat diterjemahkan dengan benar atau hampir benar dengan sedikit kecacatan.

Kemudian aku juga mencoba memasukkan http://etersoul.com/ ke kotak kedua dan beberapa saat kemudian muncul terjemahan dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris di halaman itu. Dan ternyata hasil terjemahannya jadi kacau balau, terutama karena banyaknya kata-kata yang ga dikenal oleh Google Translate ini. Beberapa diantaranya adalah kata-kata yang berimbuhan -ku atau ku- (aku) yang selalu tidak diterjemahkan. Dan beberapa kali juga aku ngakak melihat hasil terjemahannya. :D

Selain hanya iseng-iseng, setiap pengguna juga dapat membantu melakukan improvisasi terhadap fasilitas ini dengan menekan “Suggest a better translation” di bagian kanan bawah kotak pertama. Yah, diharapkan nanti Google Trasnlate ini ga cuma jadi mainan saja, tetapi bisa menjadi bagian yang serius yang bisa digunakan untuk mentranslate Bahasa Indonesia ke bahasa lainnya. ;)

Yuk, coba translate entry ini. :p Hahaha…

My Mini City

Kemaren untuk mengisi waktu kosong, iseng-iseng saya mencoba untuk ke MyMiniCity.com. Yah semacam game online membuat sebuah kota virtual. Untuk join ini sendiri memang ga perlu daftar dan cukup membuat nama kotanya saja dan kota pun disiapkan oleh server. (Duh, jadi keinget SimCity.)

Hmm, ya untuk iseng-iseng sih ga apa-apa deh. Toh ga perlu daftar ini. ;) Semoga aja ga perlu sampai ketagihan kaya Travian dulu.

Ngomong-ngomong, bagi yang mau melihat kota saya, jangan lupa ke etrisia.myminicity.com yah. Kalau Anda berbaik hati, kunjungi kota itu satu kali tiap hari. :p

This entry was last modified on: February 12th, 2008 at 13:39